Fotografi Makanan

Tips Fotografi Makanan Terbaik Agar Lebih Instagramable!

Untuk para pengusaha makanan, food photography merupakan salah satu jenis fotografi yang menggunakan makanan sebagai salah satu objek pemotretan. Dimana fotografi ini sendiri digambarkan seseorang yang sedang membuat lukisan. Gambar yang digunakan semakin baik, makan makin tampak keseimbangan yang sempurna dari realitas dan seni yang ada di pikiran kalian.

Makanan sendiri merupakan salah satu jenis elemen yang kuat dalam menunjukkan dan memperkenalkan identitas atau jati diri suatu lokasi travel ataupun sebuah restoran. Kali ini, kami akan membagikan beberapa tips atau teknik yang bisa kalian gunakan untuk menghasilkan fotografi produk makanan yang keren dan menakjubkan. Langsung saja simak daftar lengkapnya berikut di bawah ini.

Langkah-Langkah Fotografi Makanan Terbaik yang Bisa Diandalkan

1. Hidangkan Makanan Dengan Porsi Sedikit

Fotografi Makanan

Porsi makanan semakin sedikit yang dihidangkan, maka akan semakin baik. Karena hal ini akan memberikan cukup banyak perhatian pada makanan tersebut. Setelah itu, sediakan ruang yang cukup bagi para audiens yang akan melihat-lihat objek dari setiap foto makanan yang ingin kalian buat. Semakin banyak komponen yang ingin kalian tampilkan pada foto, maka akan membuat gambar kurang fokus. Hal inilah yang harus kita lakukan untuk mempertahankan kesederhanaan makanan yang hendak kalian tampilkan dalam memberikan hasil yang menarik serta menakjubkan.

2. Menggunakan Makanan Selagi Panas

Fotografi Makanan

Selanjutnya adalah salah satu tips yang bisa kalian lakukan dengan memotret berbagai makanan yang masih panas dan memiliki batas waktu. Dimana belajar fotografi makanan adalah dengan menggunakan subjek seperti soup dan tampilan uap yang hangat bisa kalian atur dengan pengaturan kamera kalian sebelumnya dan pastikan bahwa alat peraga atau elemen pendukung lainnya telah disiapkan. Latar belakang yang gelap tidak tersedia pada saat pemotretan maka kalian bisa menggunakan cahaya tambahan ataupun reflector untuk bisa memberikan penerangan yang cukup pada subjek kalian.

3. Mematikan ON-Camera Flash

Fotografi Makanan

Flash kamera bisa memberikan efek kurang baik pada setiap makanan. Hal ini karena adanya cahaya dalam jumlah besar pada setiap daerah yang berlembab. Oleh sebab itu, kalian bisa mematikan flash pada kamera yang hendak mengambil gambar mengenai makanan. Gambar bayangan yang aneh dan tidak menarik pada makanan kalian, piring, maupun keduanya.

4. Menggunakan Tripod

Fotografi Makanan

Tripod merupakan salah satu alat yang bisa membantu kalian saat melakukan teknik fotografi makanan. Dimana alat ini bisa menjaga kamera tetap stabil bahkan saat melakukan pemotretan gantinya dan meletakkan kamera kalian di sebuah dinding atau sesuatu yang bisa menahan kamera kalian.

5. Pencahayaan

Fotografi Makanan

Dan yang terakhir adalah salah satu hal yang tidak bisa dipungkiri dalam dunia fotografi. Dimana cahaya yang ada dalam tempat pemotretan terlalu besar, maka hal ini tidaklah menjadi baik. Mencari alat dalam mengontrol cahaya itu sendiri akan sanagt membantu dalam meningkatkan kualitas foto food photography kalian. Cahaya mampu memberikan atmosfir kehidupan dalam setiap foto kalian. Gunakan diffusor untuk bisa meningkatkan kualitas pada cahaya kamera kalian.

Seperti halnya kalian menggunakan cahaya alami, kalian bisa melakukan blocking yang bisa kalian dapatkan jatuh pada latar belakang alat peraga sehingga mampu memberikan cahyaa yang terang.

Nah itu dia 5 daftar fotografi produk makanan yang bisa kalian andalkan pada foto makanan kalian. Yuk ciptakan hasil maksimal pada foto makanan kalian agar lebih bernuansa dan semakin menarik dipandang.