Teknik Komposisi Foto

5 Tips Teknik Komposisi Foto Untuk Meningkatkan Skill Fotografi!

Saat ini sudah tidak asing dengan dunia fotografer, hal ini tidak hanya menarik perhatian para pecinta fotografer saja, tetapi juga para awam fotografer. Untuk memperoleh hasil foto yang terlihat bagis dna menarik ada beberapa hal yang bagus dan menarik untuk membuat kita jeli dan kreatif dalam menerapkan teknik komposisi yang ada. Untuk memperoleh komposisi foto yang menarik, tidak hanya diperoleh dengan mengedit foto saja, tetapi kalian harus bisa dapatkan langsung melalui kamera. Kali ini, kami akan mengenalkan beberaa teknik mengomposisi dalam dunia fotografer hebat seperti Steve McCurry dan Barry O Carroll. Langsung saja simak tips lengkapnya berikut di bawah ini.

Teknik Komposisi Foto Dalam Dunia Fotografi

1. Rule of Third

Rule of Third

Salah satu komposisi foto paling mendasar dan wajib diketahui oleh para fotografer. Dimana dalam rile of third ini, fotografer hadir dengan mrmbagi beberpaa bidang foto menjadi 9 kotak yang sama besar dan meletakkan POI (point of interest) pada titik dan garis di bidang yang terbagi atas 3 x 3 ini. Interset Point sendiri hadir dengan 4 titik yang smenetara Interesting Lines terdiri dari 4 garis, yaitu 2 garis horizontal dan 2 garis vertikal.

Point of Interest ini juga diletakkan pada keempat titik atau garis di atas berupa objek atau bagian mata dari objek foto. Banyak kamera digital yang telah menghadirkan fitur rules of thir yang baik pad alaya rmode live view atau pada view findernya.

2. Repetition dan Pattern

Repetition dan Pattern

Secara naluriah, manusia sangat tertarik dengan pattern atau pola yang harmonis. Hal ini yang membuat foto dengan komposisi teknik ini bisa menghasilkan karya foto yang bagus dan menawan. Sebuah pola dan perulangan bisa didapatkan dengan pemilihan angle foto yang tepat serta pemilihan jarak antara lensa dengan objek sedemikian rupa.

3. Perspektif

Perspektif

Teknik pengambilan gambar satu ini akan memanfaatkan efek jauh dekat yang dihasilkan dari lensa sehingga bisa menimbulkan sebuah dimensi yang sangat menawan. Dimana prinsip ini akan memanfaatkan efek proporsi dan dimensi yang ditimbulkan untuk memperkuat dan mengarahkan mata saat ke POI atau menampilkan perspektif yang berdiri sendiri sebagai bentuk keindahan komposisi. Hal ini bisa kalian peroleh dengan menggunakan pentauran angle dan jarak yang tepat sehingga bisa memperoleh foto berdimensi.

4. Leading Lines

Leading Lines

Salah satu komposisi foto yang sangat menarik dan bisa menggunakan line maupun garis yang berbentuk maya maupun nyata yang dapat menuntun mata kepada objek yang menjadi POI atau garis yang menjadi POI dalam foto. Kita bisa mencari objek, ;layaknya jalan, dinding, jembatan dan hal lain yang bisa membentuk sebuah garis maya dan mengarahkan mata ke objek yang sebenarnya (POI).

Dua orang wanita dan pria Afganistan ini sedang berjalan menuju Masjid yang menjadi garis abstrak yang akan menuntun mata ke objek utama yang bernama Masjid.

5. Negative Space

Negative Space

Dan yang terakhir adalah salah stau model komposisi kreatis yang membuarkkan banyak ruang kosong atau negative space pada foto. Ruang kosong ini sendiri bsia berupa langit, hamparan padang pasir yang luas, padang rumpun atau apapun yang bisa memberikan runag kosong pada fiti, dengan memberikan ruang kosong ini foto kalian akan terlihat sangat menarik dan juga kreatif.

Nah itu dia 5 daftar komposisi teknik foto yang menarik untuk kalian ambil gambar dan memiliki nilai estetika yang menawan!