Teknik Pencahayaan

Mengetahui 6 Macam Teknik Pencahayaan Dalam Dunia Fotografi!

Memotret merupakan ibarat melukis dengan menggunakan cahaya. Untuk bisa bersahanat dengan cahaya juga tidaklah mudah. Apalagi jik kalian menggunakan sinar alami dari matahari. Nah, kali ini kai akan mengenalakn kepada kalian beberapa teknik pencahayaan dalam dunia fotografi yang bsia menjadi ilmu berguna untuk kalian di dunia fotografer. Meskipun cukup rumit dalam memperlajari cara mengontrol kamera, kami akan menjelaskan kepada kalian memotrey berdasarkan sumber dan asal dari arah masuknya sebuah cahaya. Penasaran? Langsung saja simak daftar lengkapnya berikut di bawah ini.

Teknik Pencahayaan di Dunia Fotografi

1. Available Light

Available Light

Teknik yang pertama ini merupakan cahaya yang sudah tersedia secara alami dan bisa kalian dapatkan dengan cuma-Cuma dari lingungan sekitar kalian. Dimana konsep pencahayaan ini biasa dilakukan oleh fotografer yang tidak bisa mengatur terang gelap maupun arah cahaya yang didapatkan. Karena tidak bisa diatur maupun diprediksi, sehingga sumber pencahayaan ini akna memberikan tantangan tersendiri kepada fotografer.

Sehingga kalian memerlukan alat khusus untuk bisa memanipulasi cahaya dengan menggunakan reflektor untuk memantulkan maupun mengarahkan sumber cahaya ke arah objek foto.

2. Artificial Light

Artificial Light

Selanjutnya adalah cahaya yang sengja dibuat saat kalian menjadi seorang fotografer yang sedang membutuhkan cahaya tambahan saat memotret. Dimana cahaya ini memungkinkan kalian untuk mengatur terang gelap dan jumlah intensitas cahaya yang akan masik ke dalam frame. Pencahayaan satu ini biasa digunakan saat kalian memotret di studio yang kurang cahaya atau saat berada di malam hari. Jika kekurangan cahaya, hasil foto kalian akan menjadi noise dan inderesposure.

3. Front Lighting

Front Lighting

Front Lighting merupakan salah satu jenis teknik pencahayaan fotografi dengan menempatkan objek yang tepat di bagian depan kamera, sehingga cahaya akan bsia langsung menyorot ke arah objek bayangan tepat jatuh di belakangnya. Teknik ini mampu memberikan detail yang nyata dan membuat foto ini tidak membosankan karena kurang bermain dengan dimensi bayangan.

4. Side Lighting

Side Lighting

Teknik pencahayaan di mana sumber cahaya berada di saming objek. Tidak selalu 90 derajat bisa disesuaikan dengan posisi objek. Tidak selalu 90 derajat, bisa kalian sesuaikan dengan posisi objek. Ketika kalian menggunakan posisi ini, kalian harus berhati-hati karena kalian harus tahu di mana bayangan akan jatuh. Teknik pencahayaan ini akan menghasilkan tampilan yang menawan dengan kedalaman dimensi.

5. Back Lighting

Back Lighting

Dan yang terakhir adalah teknik pencahayaan yang benar berada di belakang objek. Teknik ini paling tricky dibandingkan teknik pencahayaan yang sebelumnya sudah kami sebutkan. Jika kalian salah sedikit, objek akan terlihat helap total seperti siluet dan terciptanya garis cahaya yang mengelilingi objek. Solusinya adalah dengan mengaktifkan mode manual kamera agar pengaturannya lebih leluasa.

6. Rim Lighting

Dan yang terakhir adalah salah satu teknik pencahyaan pada fotografi yang terjadi dengan latar foto gelap tetapi tetap memperoleh cahaya yang redup di sekitar objek. Fenomena ini sendiri terjaid karenacahaya yang menyorot di setiap sudut ΒΌ objek.  Teknik ini termasuk ke dalam jenis pencahayaan fotografi golden hour.

Nah itu dia 6 daftar teknik pencahayaan fotografi yang bisa kalian gunakan di dunia fotografi. Gunakan teknik diatas ini untuk memperoleh hasil foto yang memukau dan mempesona. Sekian informasi tips teknik pencahayan ini kami sampaikan, selamat mencoba sobat!