Teknik Foto Alam yang Buat Hasil Memukau

Pernahkah kamu ketika sedang datang berwisata ke suatu tempat yang indah dan menawan langsung ingin mengabadikannya ke media sosial agar orang juga bisa ikut melihat keindahannya? Pasti pernah. Apa lagi kalau yang kita lihat itu adalah pemandangan alam yang jarang dilihat oleh orang-orang di kota-kota besar.

Tapi sayangnya, terkadang kita tidak bisa mengambil foto dengan hasil yang sesuai dengan apa yang kita lihat. Kira-kira apa faktor utamanya? Mungkin salah satu yang menjadi kesalahan adalah teknik foto yang kita lakukan.

Oleh karena itu, kali ini kami akan menunjukkan bagaimana cara untuk mengambil gambar alam dengan cara yang mudah namun hasilnya terasa maksimal.

Teknik Foto Alam

1.Perhatikan Pencahayaannya

Bukan hanya ketika sedang memfoto alam, setiap kali kamu melakukan fotografi perhatikan jugalah pencahayaannya. Tapi untuk alam, kami lebih menyarankan untuk secara penuh memaksimalkan pencahayaan alami dari matahari. Jadi perhatikan posisi matahari juga awan di tempat kamu akan mengambil gambar.

Namun tentunya sesuatu tidak selalu berjalan dengan sesuai rencana, malaya kamu harus juga melakukan langkah antisipasi, seperti dengan menggunakan diffusion panel dan reflektor, ini bisa digunakan untuk menggantikan cahaya alami. Pastikan juga pencahayaan dari matahari agar hasil gambar kamu tidak terlalu silau atau bahkan terlalu gelap.

2. Pentingnya Reflector

Foto Alam

Apa sih guna reflektor? Ini adalah alat yang digunakan untuk memantulkan cahaya yang diperoleh dengan memberikan pencahayaan di area pemotretan. Selain itu ini juga membantu untuk kita melihat hasil foto sebelum sesi pemotretan dilakukan.

Kesan hangat dan sejuk bisa terasa dari hasil foto, arahkanlah ke sudut yang sesuai dengan yang kamu inginkan. Jika kesulitan untuk membidik sambil memegang reflektor, mintalah bantuan seseorang atau atur agar reflektor letaknya bisa menyesuaikan dengan lighting stand.

3. Tentukan Titik Fokusnya

Foto Alam

Hal lain yang tidak boleh dilewatkan dalam mengambil gambar alam adalah titik fokusnya. Tentukan titik mana yang menjadi fokus kamu di dalam foto, jadi ketika membidik kamu sudah tau ke mana kamera akan diarahkan. Untuk lebih memudah, gunakanlah mode fokus pada kamera.

4. Atur Kamera dengan Posisi yang Terbaik

Foto Alam

Kamu harus bisa mengatur kamera dengan benar untuk bisa menunjukkan hasil gambar terbaik dari alam. Karena dengan demikian orang jadi tau apa yang sebenarnya ingin kamu tunjukkan dari foto tersebut. Selain itu perhatikan juga pengaturannya, yang paling diperhatikan adalah dari Aperturnya.

Sesuaikan dengan hasil dari foto yang kamu inginkan, dengan demikian hasil foto yang akan dihasilkan pun terasa lebih maksimal. Pertimbangkan juga hal-hal di luar dugaan yang kemungkinan terjadi ketika sedang melakukan pemotretan.

5. Pastikan Komposisi di dalam Gambar Menarik

Foto Alam

Terakhir yang akan kami bahas adalah komposisi yang ada di dalam gambar, karena ini salah satu hal yang berperan penting di dalam hasil foto. Gabungkanlah beberapa objek yang ada di sekitar kamu untuk membuat hasil foto yang lebih menarik.

Warna dan tekstur dari objek tersebut akan menjadi hal yang menarik dari foto, seperti perpaduan langit, pohon, atau pun danau.

Itulah beberapa teknik yang bisa kamu aplikasikan di dalam foto alam kamu. Mungkin dengan demikian kamu bisa menghasilkan foto yang memukau bahkan dapat membuat teman-teman mu yang ikut Daftar Situs Poker Online Terpercaya ingin ikut berkunjung ke tempat yang kamu jadikan tempat untuk berfoto.